Home » Artikel » Puasa 3 in 1
Puasa 3 in 1

Puasa 3 in 1

Niat 3 Puasa Sunnah dalam 1 hari

Bagaimana hukumnya? Inilah pandangan Ust. Amirudin A. Faza.

Merapel niat puasa belum saya dapatkan dalil pendukungnya dari hadis Nabi saw. Yang ada fatwa dan pendapat ulama.

Karena fatwa dan pendapat ulama, maka ada bermacam pendapat, ada yang membolehkan ada yang tidak membolehkan. Ada yg membolehkan secara mutlak ada yang membolehkan dg syarat dan ketentuan berlaku.

Akar perbedaannya karena menurut para ulama ibadah itu ada yg maqsudah, tertentu tujuannya dan ghairu maqsudah, tidak tertentu tujuannya. Ibadah yg tertentu tujuannya adalah semua ibadah yg sifatnya wajib, spt shalat fardu, puasa Ramadan, mandi junub; dan bbrp ibadah sunnah spt qurban, akikah. Utk puasa syawal, ada yg memasukkan pd kategori pertama ada yg memasukkan kategori kedua.

Kategori kedua, yg tidak tertentu tujuannya spt shalat dua rakaat sblm shalat, maksudnya bisa shalat tahiyatul masjid bisa pula shalat rawatib atau shalat lainnya; puasa Senin Kamis, bisa puasa apa saja yg penting dilakukan pd hari Senin atau Kamis.

Berdasarkan pembagian itu, maka boleh merapel niat ibadah, misal mandi junub pada jumat pagi, diniatkan sekaligus sunnah mandi besar sblm shalat Jumat, puasa syawal dikerjakan pada hari Senin dan Kamis dengan niat sekaligus mendapat keutamaan puasa pd hari2 tersebut.

Tapi, ada pula pendapat yg menyebut tidak boleh puasa syawal diniatkan dg puasa sunnah lain, karena puasa sunnah lain juga termasuk ibadah tertentu. Puasa Senin Kamis itu bukan sembarang puasa du hari Senin Kamis, tp satu ibadah tersendiri. Kebolehan merapel niat hanya pd ibadah yg sifatnya wasilah, seperti mandi besar spt contoh di atas dan wudlu, misal satu kali wudlu utk bbrp shalat wajib sekaligus, spt wudlu utk shalat asar sekaligus utk shalat maghrib dan isyak krn belum batal.

Hanya saja, kalau dikaitkan dg ilmu ikhlas, orang yang merapel-rapel niat ibadah itu belum mencapai puncak keikhlasan, karena dalam ibadahnya masih itung-itungan pahala yang akan didapatnya. Kata para ulama juga, ikhlas yang sempurna itu hanya karena Allah semata, bukan karena pahalanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG