Home » Berita » ORMAS ISLAM INDONESIA DI TAIWAN TETAPKAN AWAL SYAWAL BERSAMA

ORMAS ISLAM INDONESIA DI TAIWAN TETAPKAN AWAL SYAWAL BERSAMA

Walaupun umur PCI Muhammadiyah Taiwan baru 4 tahun, namun gebrakan demi gebrakan selalu dimunculkan utk terus mengusung semangat Islam yang berkemajuan, tak terkecuali di Taiwan. Semangat ini diwujudkan dalam berbagai hal, salah satunya adalah penetapan awal ramadhan, shawal dan zulhijjah bagi muslim di Taiwan melalui metode hisab.

Sejak didirikan pada tahun 2014, PCIM Taiwan selalu mengeluarkan maklumat penetapan hasil hisabnya utk awal ramadhan, syawal, dan zulhijjah bagi masyarakat muslim di Taiwan melalui metode hisab wujudul hilal yg dipedomani oleh PP Muhammadiyah.

Dan sesuai dengan keputusan bersama ormas-ormas Islam Indonesia di Taiwan beserta perwakilan pemerintah Indonesia di Taiwan(KDEI Taipei), maka ditetapkan awal bulan syawal 1439 H jatuh pada hari jumat 15 Juni 2018. Keputusan ini sama dengan maklumat yang dikeluarkan oleh PCIM Taiwan.

Dalam surat keputusannya, KDEI Taipei mengutip pertimbangan salah satunya berdasarkan maklumat PCI Muhammadiyah Taiwan yang dikeluarkan pada 1 April 2018, yaitu hasil hisab wujudul hilal untuk wilayah Taiwan terkait awal ramadhan, syawal, dan zulhijjah dimana awal syawal jatuh pada hari jumat 15 Juni 2018. Pertimbangan ini menjadikan PCIM Taiwan sebagai satu-satunya ormas Islam Indonesia di Taiwan yang secara formal memiliki dasar dan metode yang jelas dalam menentukan waktu-waktu ibadah, terutama menyangkut awal-awal bulan yang utama.

Kedepan PCIM Taiwan sedang mengembangkan aplikasi waktu sholat berbasiskan android untuk muslim di Taiwan berdasarkan metode hisab yang dipedomani oleh Muhammadiyah, sehingga akan menambah keafdholan beribadah terutama menyangkut masalah waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG